Tuesday, October 22, 2013

Sejarah Suporter Persib Maung Bandung (Viking Persib Club)

Sejarah Suporter Persib Maung Bandung (Viking Persib Club), Viking Persib Club, Bobotoh, PERSIB SANG PENAKLUK, Distrik Viking


SejarahSuporter Persib Maung Bandung atau dikenal dengan sebutan Viking Persib Club ini di mulai Pada tahun 1993-1998 saat sekelompok pendukung yang biasa menonton di wilayah stadion tribun selatan mencetuskan ide untuk membuat sebuah kelompok pendukung Persib, setelah para “Bobotoh” (Sebutan lain dari Suporter Persib Bandung) melalui beberapa kali pertemuan yang cukup lama, akhirnya terbentuklah sebuah kesepakatan bersama tepatnya pada Tanggal 17 Juli 1993, disebuah rumah jalan Kancra no. 34, di bentuklah sebuah kelompok pendukung dengan nama VIKING PERSIB CLUB, Pendiri Suporter Fanatik dari Persib Maung Banung ini ialah Ayi Beutik, Heru Joko, Dodi “Pesa” Rokhdian, Hendra Bule, dan Aris Primat dengan dihadiri oleh beberapa Pioner Viking Persib Club lainnya, yang hingga kini masih tetap aktif dalam kepengurusan Viking Persib Club.

Nama “VIKING” diambil dari nama sebuah suku bangsa yang mendiami kawasan Skandinavia di Eropa Utara. Suku bangsa tersebut dikenal dengan sifat yang keras, berani, gigih, solid, patriotis, berjiwa penakluk, pantang menyerah, serta senang menjelajah. Karakter dan semangat itulah yang mendasari pengadopsian dari nama “VIKING” kedalam nama kelompok yang dibentuk ini. Secara Demonstratif, Viking Persib Club pertama kali mulai menunjukan Eksistensinya pada Liga Indonesia I — tahun 1993, yang digemborkan sebagai kompetisi semi professional pertama di Indonesia. Selogan “PERSIB SANG PENAKLUK” begitu dominan terlihat pada salah satu atribut yang dipakai anggotanya. Suporter Persib Maung Bandung atau Viking Persib Club di masa ini masihlah sangat tradisional dan belum menunjukkan sebagai organisasi yang profesional, bahkan pada awal berdirinya Club ini tidak mempunyai Homebase dan hanya menjadikan halaman Sekretariat Persib sebagai tempat berkumpul. Namun dengan seiring berjalannya waktu kehadiran mereka yang menguasai tribun selatan, hingga mereka pun dikenal dan diakrabi supporter Persib lainnya, banyak pula yang berminat untuk menjadi anggota Viking Persib Club, pendaftaran anggota pun mulai dibuka lebar.

Hingga saat ini VIKING PERSIB CLUB mempunyai banyak Distrik, tidak hanya di Kota Bandung, Distrik Viking ini menyebar luas ke berbagai Kota di Indonesia, bahkan sampai menyebar ke beberapa Negara di Asia. (yoga)

1 comment:

  1. bukan hanya permainannya yang cantik,mulus,tapi suporter nya juga,,persib juara

    ReplyDelete